Jumat, 19 Oktober 2012

makalah surat-surat pemberitahuan



KATA PENGANTAR

Tiada kata yang patut kita ucapkan selain Alhamdulillah, atas segala nikmat dan hidayah yang tak henti-hentinya Allah SWT berikan kepada penyusun, puji syukur hanya bagi Allah SWT yang telah menganugerahkan sedikit ilmu-NYA kepada ummat manusia. Salawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa sedikit ilmu Allah dan memberi contoh bagaimana mengamalkan ilmu itu, yang telah menghamparkan permadani yang indah dan menggulung tikar-tikar kebatilan, kemudian semoga terlimpahkan pula keselamatan bagi keluarga dan sahabat Nabi.
            Dalam penyusunan makalah ini, penyusun pastinya menemui banyak hambatan dan kesulitan. Namun, berkat semangat dan bantuan serta dukungan dari semua pihak, hambatan dan kesulitan itu bisa teratasi. Penyusunan makalah ini sebagai tugas kelompok untuk dipersentasekan  pada mata kuliah “Korespondensi Bahasa indonesia”. Penyusun menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan dan penyelesaian makalah ini.
            Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, karena manusia biasa itu tidak luput dari khilaf dan tempatnya salah. Maka dari itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini kedepannya.

Bulukumba,   Oktober 2012


Team Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Surat adalah suatu komunikasi yang digunakan untuk menyanpaikan informasi tertulis oleh suatu pihak ke pihak lain. Surat merupakan lembaran kertas yang ditulis atas nama pribadi penulis atau atas nama kedudukannya dalam organisasi untuk berbagai kepentingan .Surat memiliki keunggulan sebagai bukti otentik yang memiliki kekuatan hukum yang sah karena surat yang asli tentunya memiliki identitas yang jelas,yaitu tanda tangan asli dan atau stempel (identitas resmi lembaga) asli.
Surat adalah sehelai kertas atau lebih yang digunakan untuk mengadakan komunikasi secara tertulis. Adapun isi surat berupa pertanyaan, laporan, pernyataan sanggahan, tuntutan, gugatan, pemberitahuan dan sebagainya. Meskipun dewasa ini alat komunikasi sudah demikian canggihnya, dengan banyaknya sarana komunikasi semisal: telepon, teleks, telegrafh, radio, televisi, atau bahkan email, internet, surat dengan segaala keunikannya peranannya tetap bertahan dengan kelebihannya sendiri.
Kelebihan surat dibandingkan sarana komunikasi lainnya adalah:
-          Praktis, karena surat merupakan sarana komunikasi yang dapat menyimpan rahasia atau juga dapat memuat informasi secara panjang lebar dibandingkan sarana komunikasi lainnya dengan biaya yang dapat terjangkau, bahkan oleh pengguna dilapisan bawah masyarakat sekalipun.
-          Efektif, karena informasi atau keterangan yang disampaikan itu sesuai dengan sumber aslinya, tanpa adanya penyingkatan atau dengan istilah-istilah khusus yang kadang tidak dimengerti oleh penerimanya seperti dalam sarana telegraph atau teleks.
-          Ekonomis, karena biaya pembuatan serta pengirimannya jauh lebih murah dibandingkan sarana komunikasi lainnya. Dengan segala kelebihannya tersebut, apalagi ditambah dengan lokasi daerah-daerah di negara kita yang terpencar-pencar dengan beribu-ribu pulau yang terdapat didalamnya, maka peranan surat sangat diperlukan dan sulit digantikan dengan aneka sarana komunikasi lainnya meski jauh lebih canggih sekalipun mengingat daerah-daerah tersebut sulit dijangkau oleh daerah lainnya.
Oleh karena itu pengetahuan serta keterampilan dalam menulis surat masih sangat diperlukan terutama surat-surat pemberitahuan. Suatu keterampilan yang dapat semakin memperjelas maksud suatu informasi atau keterangan, baik untuk si pengirim atau si pembuat maupun si penerima.
B.       Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang ada di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
-          Bagaiman ruang lingkup surat-surat pemberitahuan?
C.      Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk membahas tentang ruang lingkup surat-surat pemberitahuan.
BAB II
PEMBAHASAN

            Surat-surat pemberitahuan adalah surat yang berisi pemberitahuan kepada semua anggota dalam suatu lingkungan yang merupakan bagian dari suatu perusahaan atau instansi.
A.      Bentuk dan Isi Surat Pemberitahuan
Bentuk dan isi surat pemberitahuan untuk masing-masing jenis pajak berbeda satu sama lain, yakni yang berupa formulir isian. Sama halnya dengan aplikasi isian di suatu perbankan atau asuransi, dan lain-lain. Ada yang beranggapan bahwa bentuk dan isi surat pemberitahuan cukup membingungkan sehingga sulit untuk mengisinya. Padahal pada kenyataannya tidak demikian, karena yang mengatakan seperti itu biasanya belum pernah melihat, mempelajari, atau mendalami buku petunjuknya.
Surat pemberitahuan terdiri atas induk dan lampiran sebagai satu kesatuan. Lampiran di sini adalah rincian dari setiap itemtertentu sesuai dengan jenis pajaknya yang mendukung penghitungan pajak terutang. Kemudian sebagai alur akhir dari lampiran surat pemberitahuan adalah ke induk surat pemberitahuan.
1.        Cara Mengisi Surat Pemberitahuan
Yang dimaksud dengan mengisi surat pemberitahuan adalah mengisi formulir surat pemberitahuan dalam bentuk kertas dan/atau dalam bentuk elektronik, dengan benar, lengkap, dan jelas sesuai dengan petunjuk pengisian yang diberikan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. Agar dapat mengisi surat pemberitahuan dengan benar, lengkap dan jelas, harus didukung dengan dokumen berupa pernbukuan atau laporan keuangan atau keterangan lainnya sesuai dengan transaksi atau kegiatan yang misalnya dilakukan oleh wajib pajak. Untuk itu perlu ada kesamaan pemahaman atau persepsi mengenai pengisian surat pemberitahuan tersebut. Adapun yang dimaksud dengan benar, lengkap, dan jelas dalam mengisi surat pemberitahuan adalah:
Benar yaitu benar dalam perhitungan, termasuk benar dalam penerapan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, dalam penulisan, dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya;
Lengkap yaitu memuat semua unsur-unsur yang berkaitan dengan objek pajak dan unsur-unsur lain yang harus dilaporkan dalam surat pemberitahuan;
Jelas yaitu melaporkan asal usul atau sumber dari objek pajak dan unsur-unsur lain yang harus dilaporkan dalam surat pemberitahuan.





2.    Contoh Surat Pemberitahuan
PT GUNA DHARMA Tbk
(“Perseroan”)
Berkedudukan di Bulukumba

PEMBERITAHUAN
PANGGILAN RAPAT UMUM LUAR BIASA
PARA PEMEGANG SAHAM

Direksi perseroan dengan ini mengundang para pemegang saham PT. GUNA DHARMA perseroan untuk menhadiri Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Paham Perseroan (RULPBS) yang akan diadakan pada:

Hari                 : Senin, 20 Oktober 2012.
Waktu             : Jam 10.00 Wita sampai dengan selesai.
Tempat            : Hotel ARINI II
                          Jalan Lanto Dg Pasewang no 26 Bulukumba

Agenda rapat adalah sebagai berikut:
1.        Perubahan penetapan penggunaan keuntungan tahun 2011 antara lain mengenai pembagian bonus saham.
2.        Lain-lain yang berhubungan dengan acara tersebut.



                                                                                   Bulukumba, 8 Oktober 2012

PT GUNA DHARMA PERSERO
                                                                                          Direksi Perseroan

Selain surat pemberiahuan terdapat surat-surat lainnya yang memiliki tujuan yang sama dengan surat pemberitahuan, yaitu surat pengumuman dan surat edaran.
B.       Surat Pengumuman
Surat pengumuman berisi pengumuman mengenai suatu hal yang perlu diketahui oleh seluruh anggota atau warga dari seluruh unit. Pengumuman digunakan untuk memberitahukan atau mengumumkan sesuatu kepada masyarakat. Dilihat dari sifatnya, ada beberapa jenis pengumuman.
1.      Pengumuman untuk kepentingan niaga
Pengumuman ini ditujukan kepada konsumen yang ada di dalam ruangan, di kantor, di stasiun, dan sebagainya.
2.      Pengumuman untuk penerangan
Pengumuman ini dibuat oleh instansi pemerintah atau swasta. Isi pengumuman berkaitan dengan kegiatan yang ada di kantor.
3.      Pengumuman untuk kepentingan pendidikan.
Pengumuman ini dibuat oleh lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Isinya menyangkut kegiatan pendidikan.
4.      Pengumuman yang berasal dari keluarga
Misalnya: pengumuman tentang duka cita, menikah, kelahiran, pertunangan, dan sebagainya. Untuk membuat pengumuman yang baik, pembuat pengumuman harus mengetahui :
1.      Tujuan yang akan dicapai dari suatu pengumuman.
2.      Isi pengumuman; agar tujuan tercapai.
3.      Sasaran; kepada siapa pengumuman ditujukan dan
4.      Media pengumuman yang sesuai dengan sasaran.
5.      Memorandum
Memo singkatan dari kata memorandum yang berasal dari kata memory (inggris) yang berarti ingatan. Itulah sebabnya isi memo terutama menyangkut informasi yang bersifat mengingatkan. Karena isinya yang demikian itu, peredaran memo dalam suatu organisasi bisa bersifat horizontal, vertikal ke atas dan ke bawah, ataupun diagonal.
Isi memo cukup singkat, tetapi sudah dapat memberi pesan secara jelas. Isi memo antara lain meminta informasi, memberikan informasi, meminta petunjuk, dan memberikan petunjuk.













Contoh surat pengumuman

DEPARTEMEN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
DIREKTORAT JENDRAL PAJAK
KANTOR WILAYAH VII
DIREKTORAT JENDRAL PAJAK BULUKUMBA

PENGUMUMAN
No. PENG-12/WP J. 07/2012

Kepala kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Bulukumba dengan ini:
1.        Mengatakan kepada wilayah pajak bahwa tanggal 30 Oktober 2012 pukul 18.00 WITA merupakan batas waktu memasukkan/menyerahkan SPT tahunan pajak penghasilan tahun 2011 di kantor pelayanan pajak yang bersangkutan setelah diisi dengan jelas, benar dan lengkap serta ditandatangani sesuai dengan petunjuk pengisian SPT tahun 2000 yang sam dengan petunjuk pengisian tahun 2011 yang telah disampaikan kepada wajib pajak.
2.        Bila berdasarkan SPT Tahun Pajak Penghasilan Tahun 2000 masih ada jumlah penghasilan yang harus dibayar, agar segera disetor paling lambat tanggal 20 Oktober 2012 dan bukti penyetoran harus juga dilampirkan pada SPT Tahunan Pajak Penghasilan tersebut.
3.        Bila wajib pajak belum menerima formulir SPT Tahuna Pajak Penghasilan Tahun 2011, supaya segera mengambil sendiri di kantor Pelayanan Pajak atau di Kantor Penyuluhan pajak tempat yang bersangkutan terdaftar sebagai wajib pajak.







Bulukumba, Oktober 2012
KEPALA KANTOR WILAYAH


C.      Surat Edaran
Surat edaran adalah surat dengan alamat tujuan kolektif yang beredar dari satu tangan ke tangan lain-nya dengan cara mengirimkan satu surat untuk semua orang yang dituju (sirkuler), atau semua orang yang dituju mendapat surat yang sama isinya. Surat edaran juga berarti surat pemberitahuan secara tertulis yang diedarkan serta ditujukan kepada berbagai pihak. biasanya di kirimkan oleh instansi atau subjek surat yang kedudukannya lebih tinggi daripada objek surat.surat edaran berisi anjuran, larangan, pemberitahuan, petunjuk dan pengumuman 
Jenis Surat edaran 
1.                  Surat edaran terbatas contoh edaran dari bank kepada nasabahnya
2.                  Surat edaran tidak terbatas, ontoh : surat edaran yang di tujukan kepada masyarakat umum 
Bagian - bagian surat edaran :
1.                  Kepala surat edaran 
2.                  Isi surat edaran
3.                  Kaki surat edaran





Contoh surat edaran
PT. CHADRA BUANA SEJATI
Kantor pusat: Jl. Raya Padalarang No. 66
PADALARANG
 

SURAT EDARAN
Nomor : 214/DirUt/VI/12

Kepada           : seluruh karyawan PT. CHANDRA BUANA SEJATI
Dari                 : Direktur Utama
Perihal             : bantuan untuk korban bencana alam


            Seperti kita ketahui bersama pada tanggal 10 juni 2012 yang lalu, desa Cililin mengalami bencana alam berupa tanah longsor yang mengakibatkan kerugian, baik jiwa maupun harta benda yang sangat banyak.
           
            Mengingat masalah tersebut, Direktur PT. CHANDRA BUANA SEJATI mengetuk serta mengajak kita semua selaku karyawan PT CBS untuk bersedia mengulurkan tangan demi meringankan mereka yang tengah menderita.

            Bantuan masing-masing karyawan dapat disalurkan melalui kepala departemen di masing-masing bagian untuk disatukan pada tingkat perusahaan dan akan diteruskan bagi warga Cililin yang amat membutuhkan bantuan tersebut.

            Dari setiap departemen agar mengirimkan perwakilan karyawan sebanyak 3 (tiga) orang untuk turut serta menyerahkan sumbangan tersebut.

            Demikian surat edaran ini dibuat, atas perhatian diucapkan terima kasih.

Bandung, 10 Oktober 2012
PT. CHANDRA BUANA SEJATI



Drs. Syarief Himawan SH.
Direktur Utama
BAB III
PENUTUP
A.      Simpulan
Dengan surat, jarak yang jauh tidak menjadi halangan uatam. Tidak ada bedanya mempunyai sahabat pena di dalam atau di luar negeri. Kita dapat berkelana dari satu daerah ke daerah lain dan mengelilingi dunia bertukar informasi dengan menceritakan ragam budaya, peninggalan sejarah, atau pesona alam masing-masing daerah atau negara. Hal-hal menarik lainnya bisa ditulis apalagi disertai kiriman kartu pos bergambar sekaligus sebagai promosi pariwisata.
Melalui surat kita turut ambil bagian dalam menciptakan perdamaian dunia yang didambakan setiap insan di muka bumi ini. Tidak ada dendam, curiga, dan amarah. Keserakahan dan kesombongan segelintir manusia membuat dunia terpecah-belah hanya untuk memenuhi ambisi pribadi mereka. Kedamaian akan datang dan tercipta apabila manusia saling menghargai dan menghormati. Dengan berkirim surat kepada teman dan sahabat pena di berbagai belahan dunia ini, kita semua berharap akan tercipta perdamaian dan persaudaraan. Betapa damainya bumi ini bila tidak ada sengketa dan perang, manusia hidup rukun dan berdampingan, saling mengasihi.
B.       Saran
Dengan adanya pembahasan mengenai surat-surat pemberitahuan dalam penilusan makalah ini, pembaca diharapkan mampu memahami dan ruang lingkup dari surat-surat pemberitahuan itu sendiri.
DAFTAR PUSTAKA

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
  

Tidak ada komentar: